Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Strategi Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sindangresmi Tahun Ajaran 2024/2025
Nim : 435200011
Nama : SONIA AGUSTIN
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Pembimbing 1 : Muhamad Ikhsan, M.Pd.
Pembimbing 2 : Muhamad Ikhsan, M.Pd.
Tanggal : 03 Desember 2024
Abstrak

ABSTRAK

Sonia Agustin (2024). "Strategi Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sindangresmi" (Studi Pre-Eksperimental pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Sindangresmi Tahun Ajaran 2024/2025).

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMPN 1 Sindangresmi bahwa masih terdapat siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa yang tampak pasif ketika proses pembelajaran, kurang berpasrtisipasi dalam kegiatan belajar, tidak yakin pada kemampuan dirinya, tidak berani berbicara didepan umum, dan belum ada program bimbingan dan konseling yang ditunjukkan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sindangresmi Tahun Ajaran 2024/2025, serta untuk mengetahui efektivitas strategi layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sindangresmi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMPN 1 Sindangresmi dengan jumlah 79 siswa, sampel diperoleh 10 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri, dengan nilai reliabilitas 0,840. Berdasarkan hasil pretest diperoleh rata-rata skor 54,6 dengan kategori rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) mengalami peningkatan berdasarkan hasil posttest diperoleh rata-rata skor 112,4 dengan kategori tinggi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh skor 0,00< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa strategi layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)

 

 

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live