Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH KUBANG-KONDANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Nim : 435200005
Nama : JENI YULIASARI
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Pembimbing 1 : Vasco Delano, M.Pd
Pembimbing 2 : Devi Nurul Fikriyani, M.Pd
Tanggal : 03 Desember 2024
Abstrak

ABSTRAK

Jeni Yuliasari. (2024). “Strategi Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) Siswa Kelas VIII di Mts Muhammadiyah Kubang-Kondang Tahun Ajaran 2024/2025”.

 

Self-regulated learning adalah kemampuan individu dalam mengatur proses belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Siswa yang memiliki self-regulated learning yang tinggi akan lebih mudah dalam menerima pelajaran, sehingga akan mencapai prestasi belajar yang optimal. Namun sebaliknya, apabila siswa memiliki self-regulated learning yang rendah akan mengakibatkan kesulitan dalam menerima materi pelajaran sehingga tidak mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi layanan bimbingan kelompok teknik modelling untuk meningkatkan self-regulated learning siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kubang-Kondang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala self-regulated learning. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Hasil nilai rata-rata pretest sebesar 70 meningkat menjadi 100 pada saat posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan self-regulated learning siswa di kelas VIII di MTs. Muhammadiyah Kubang-Kodang Tahun Ajaran 2024/2025.

 

 

Kata kunci: Self-Regulated Learning, Bimbingan kelompok, Modelling

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin