Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Strategi Bimgingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Untuk Mreduksi Perilaku Nomophobia Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2024/2025
Nim : 435200010
Nama : SITI ANISA RAHMAWATI
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Pembimbing 1 : Devi Nurul Fikriyani, M.Pd
Pembimbing 2 : Vasco Delano, M.Pd
Tanggal : 02 Desember 2024
Abstrak

ABSTRAK

 

SITI ANISA RAHMAWATI (2024). Strategi Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Theraphy (REBT) Untuk Mereduksi Perilaku Nomophobia Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bohong Tahun Ajaran 2024-2025.

 

Nomophobia menjadi salah satu permasalahan baru yang muncul dalam dunia pendidikan, karena siswa yang memiliki nomophobia ini sangat berpengaruh terhadap proses belajar, bukan hanya mengalami kecemasan pada saat belajar akan tetapi dapat mengakibatkan menurunnya prestasi, kurangnya rasa minat dalam belajar, mengabaikan tugas-tugas sekolah, fokus pada smartphone sehingga lupa waktu serta kurangnya interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviourr theraphy (REBT) untuk mereduksi perilaku nomophobia siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis pre eksperimental. Sampel dan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong siswa kedalam kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen dengan pemberian treatment bimbingan kelompok pendekatan rational emotive behaviour theraphy (REBT). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pre test dan post test. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Interfensi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor nomopobia kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour teraphy (REBT) untuk mereduksi nomophobia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bojong atau Ha diterima dan Ho ditolak.

 

Kata Kunci : Nomophobia, REBT, Bimbingan Kelompok.

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live