Nim | : | 408190002 |
Nama | : | ANITA HERLINA |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Meliyawati, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Saraswati, M.Pd. |
Tanggal | : | 02 Desember 2024 |
ABSTRAK
ANITA HERLINA. (2023). Analisis Makna dan Gaya Bahasa pada Kolom Komentar Berita Online www.Kompas.Com Edisi Februari 2023 serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Tujuan penelitian yang diharapkan secara umum dalam penelitian ini adalah: mendeskripsikan makna bahasa pada kolom komentar berita online www.kompas.com edisi Februari 2023, mengetahui klasifikasi gaya bahasa yang digunakan dalam kolom komentar berita online www.kompas.com edisi Februari 2023, dan mengetahui pemanfaatan makna dan gaya bahasa dalam kolom komentar berita online www.kompas.com Februari 2023 digunakan sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan metode analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, penyajian data, menganalisis data, triangulasi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil dan pembahasan makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: makna tulisan jenis leksikal yang ditemukan peneliti berjumlah 8 komentar. Makna gramatikal pada komentar dengan jumlah 12 komentar yang dianalisis. Makna denotatif dengan jumlah 11 buah komentar yang di analisis. Makna konotatif dengan jumlah 36 buah komentar yang di analisis. Makna referensial dengan jumlah 6 komentar. Makna idiom dengan jumlah 27 komentar. Berdasarkan hasil analisis ke seratus kolom komentar berita online www.kompas.com edisi Februari 2023, dapat penulis identifikasi jenis gaya bahasanya yaitu meliputi: a) Pepatah berjumlah 6 komentar; b) Metafora berjumlah 43 komentar; c) Hiperbola 11 komentar; d) Aliterasi 1 komentar; e) repetisi 6 komentar; f) Paradoks 2 komentar; g) Personifikasi 7 komentar; h) Metonimia 3 komentar; i) Semboyan 1 komentar; j) ironi 1 komentar; k) sarkasme 6 komentar; l) perumpamaan 9 komentar; dan m) Bidal 2 komentar. hasil penelitian yang dilakukan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia di SMA kelas x materi siswa dapat percaya diri dan mampu memahami jenis-jenis makna kata dan gaya bahasa dengan benar.
Kata kunci: makna, gaya bahasa.
ABSTRACT
ANITA HERLINA. (2023). Analysis of the Meaning and Style of Language in the February 2023 Edition of the Online News Comment Column at www.Kompas.Com and its Use as Teaching Material in High School. The general research objectives expected in this research are: to describe the meaning of language in the comment’s column of the February 2023 edition of the online news www.kompas.com, to know the classification of language styles used in the comment’s column of the February 2023 edition of the online news www.kompas.com, and to know the use of meaning and language style in the online news comment column www.kompas.com February 2023 is used as teaching material in high school. This research uses a qualitative descriptive type or approach with data collection methods using the library study method and data analysis methods using content analysis. Data analysis techniques go through the process of collecting data, presenting data, analyzing data, triangulating, and concluding research results. The results and discussion of the meanings examined above have several types, including: the meaning of the lexical type of writing that the researchers found amounted to 8 comments. The grammatical meaning of comments with a total of 12 comments analyzed. Denotative meaning with a total of 11 comments analyzed. Connotative meaning with a total of 36 comments analyzed. Referential meaning with a total of 6 comments. Meaning of idioms with 27 comments. Based on the results of the analysis of one hundred online news comment columns at www.kompas.com in the February 2023 edition, the author can identify the types of language styles, namely: a) Proverbs totaling 6 comments; b) Metaphors totaling 43 comments; c) Hyperbole 11 comments; d) Alliteration 1 comment; e) repetition 6 comments; f) Paradox 2 comments; g) Personification 7 comments; h) Metonymy 3 comments; i) Motto 1 comment; j) irony 1 comment; k) sarcasm 6 comments; l) parable 9 comments; and m) Thimble 2 comments. The results of the research carried out can be used as Indonesian language learning material in high school class
Key words: meaning, language style.