Nim | : | 407200025 |
Nama | : | MULYANAH |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Ika Meika, S.Si., M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd |
Tanggal | : | 01 Desember 2024 |
Mulyanah (2024). Desain e-didaktis Matematika Berbantuan Flip PDF Professional untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa pada Materi Aljabar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari desain e-didaktis (bahan ajar) materi aljabar yang disesuaikan dengan kesulitan yang dialami siswa MTs. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Didactial Design Research (DDR) yang melibatkan tiga tahapan yaitu: analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, metapedadidaktik, dan retrosfektif. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa MTs mengalami kesulitan dalam belajar matematika, termasuk kesulitan pada operasi aljabar, kesulitan dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan penerapan konsep matematika, kesulitan menyelesaikan soal cerita, serta mengoperasikan perkalian dan pembagian. Untuk mengatasi kesulitan ini, diperlukan desain bahan ajar berbasis analisis kesulitan siswa. Penelitian ini menghasilkan desain e-didaktis berupa bahan ajar yang memuat permasalahan sehari-hari berdasarkan kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain e-didaktis yang diberikan dapat mengatasi learning obstacle siswa MTs, dimana hasil tes uji kompetensi terlihat kesulitan yang dialami oleh siswa dapat diminimalisir. Dilihat dari rata-ratanya yaitu sebesar 96,67% dan standar deviasi nya sebesar 8,5.
Kata Kunci: Kesulitan Siswa MTs, Aljabar, Didactial Design Research (DDR).