Nim | : | 408200023 |
Nama | : | LIYANA MAESAROH |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Trisnawati, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd. |
Tanggal | : | 29 November 2024 |
ABSTRAK
LIYANA MAESAROH. (2024). Analisis Nilai Budaya dan Nilai Kepahlawanan pada Buku Romusa Sejarah yang Terlupakan Karya Hendri F. Isnaeni dan Apid sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis TPACK di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mathla’ul Anwar. Banten. 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai budaya dan nilai kepahlawanan pada buku romusa sejarah yang terlupakan karya Hendri F. Isnaeni dan Apid untuk dijadikan bahan pembelajaran bahasa indonesia berbasis TPACK di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif metode studi kepustakaan serta teknik analisis isi. Adapun langkah-langkah yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data ialah sebagai berikut: (1) menggarisi bagian yang dianggap penting, (2) menyeleksi data, (3) memberi deskripsi, (4) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis ke empat puluh delapan kutipan dalam buku romusa sejarah yang terlupakan karya Hendri F. Isnaeni dan Apid diperoleh simpulan sebagai berikut: nilai budaya hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia lain, hubungan manusia dengan alam, hubungan manusia dengan diri sendiri, nilai kepahlawanan meliputi nilai keberanian, nilai optimisme, nilai pantang menyerah, nilai solidaritas, nilai rela berkorban. Ke empat puluh delapan kutipan dalam buku romusa sejarah yang terlupakan karya Hendri F. Isnaeni dan Apid ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia berbasis TPACK di SMA. Buku tersebut dapat dikaji dari nilai budaya dan nilai kepahlawanan serta bukut tersebut termasuk ke dalam cerita sejarah.
Kata kunci: budaya, kepahlawanan, TPACK.