Nim | : | 408200034 |
Nama | : | WILIYANTI |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Sopyan Sauri, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Saraswati, M.Pd. |
Tanggal | : | 28 November 2024 |
Wiliyanti, Nim: 408200034 (2024). Pengaruh Teknik 3M terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Fase F SMA Negeri 1 Cijaku.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik 3M pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cijaku. Penelitian ini dilakukan dengan berdasarkan permasalahan mengenai rendahnya kemampuan menulis teks berita pada siswa SMA yang ditandai dengan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang berbeda dari yang dicontohkan oleh gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruhkemampuan menulis siswa yang belajar menggunakan teknik 3M dengan siswa yang menggunakan teknik Outline. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cijaku sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak atau Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis teks berita. Tes yang digunakan berupa tes tipe soal. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh kemampuan menulis teks berita siswayang belajar menggunakan teknik 3M dengan siswa yang belajar menggunakan teknik Outline. Kemampuan menulis teks berita siswa yang memeperoleh pembelajaran Teknik 3M lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan teknik Outline. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji Independent Samples Test yang diperoleh dari nilai sig 0,021 < 0,05 artinya menunjukan bahwa varians antar kelompok tidak sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan Pengaruh Teknik 3M Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa SMA.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Berita, Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi).