ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Nim : D08180035
Nama : UKHWATUN FATAYAT
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Trisnawati, M.Pd.
Pembimbing 2 : Meliyawati, M.Pd.
Tanggal : 12 Oktober 2023
Abstrak

Ukhwatun Fatayat (2023). Analisis Prinsip Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Proses Belajar Mengajar dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, jenis analisis prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa pada proses belajar mengajar dan implementasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data ini diperoleh secara faktual dan akurat. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pada proses belajar mengajar. Pada tahap pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik rekam, transkripsi, dan catat.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat 66 data tuturan pematuhan kesantunan berbahasa siswa dan guru di kelas X SMAN 10 Pandeglang, terbagi ke dalam maksim kebijaksanaan sebanyak 14 data, maksim kedermawanan 8 data, maksim pujian/penghargaan 12 data, maksim kerendahan hati 7 data, maksim kesepakatan 17 data, dan maksim kesimpatian sebanyak 8 data. Pemanfaatan prinsip-prinsip kesantunan dalam berbahasa siswa dan guru pada proses belajar mengajar dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA terdapat pada Kurikulum 2013, KD 3.14 Menilai hal yang dapat  diteladani dari teks biografi dan KD 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.

 

Kata Kunci      : Prinsip Kesantunan, Proses Belajar Mengajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA