Nim | : | 407200022 |
Nama | : | VIYA VIDIYANTI |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Ika Meika, S.Si., M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Rusdian Rifa'i, M.Pd. |
Tanggal | : | 25 November 2024 |
Viya Vidiyanti (2024). Desain Bahan Ajar untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa Kelas VIII MTs Riyadhul Mutaalimin Fatahillah Cikareo.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya learning obstacle pada materi bangun ruang sisi datar dan merancang desain bahan ajar yang dibuat sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan tahapan Didactical Design Research (DDR). Metode ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: tahap analisis situasididaktis sebelum pembelajaran, tahap metapeda didaktik, dan tahap retrosfektif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan kesulitan belajar matematika siswa siswa MTs, diantaranya kesulitan dalam menentukan rumus yang tepat, kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, kesulitan dalam langkah-langkah yang tepat. Untuk mengatasi kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar tersebut diperlukan rancangan pembelajaran yang disusun berdasarkan analisis kesulitan siswa. Dalam penelitian ini menyusun desain didaktis (bahan ajar) berupa modul yang memuat permasalahan-permasalahan berdasarkan kesulitan siswa. Permasalahan-permasalahan tersebut berkaitan dengan kehidupan seharihari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang diberikan dapat meminimalisir kesulitan siswa MTs, hal tersebut dapat terlihat dari pengerjaanm odulnya.
Kata Kunci: Desain Bahan Ajar, Learning Obstacle