Nim | : | 407200019 |
Nama | : | HILFI VILLAR RISYA |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Ika Yunitasari, M.Pd. |
Tanggal | : | 25 November 2024 |
Hilfi Villar Risya (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis AR (Augmented Reality) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting pada proses pembelajaran untuk meningkatkan minat, motivasi serta ketertarikan peserta didik terhadap pelajaran yang disampaikan. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan oleh guru ketika proses pembelajaran belum meningkatkan minat peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Matematika berbasis AR (Augmented Reality) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), jenis penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan (RnD) yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE, model ini memiliki lima tahapan, yang pertama Tahap Analisis (Analysis), yang kedua Tahap Perencanaan (Design), yang ketiga Tahap Pengembangan (Development), yang keempat Tahap Implementasi (Implementation), dan yang terakhir ialah Tahap Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Matematika berbasis AR (Augmented Reality) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar berhasil dikembangkan dan mendapatkan nilai dengan kriteria sangat layak berdasarkan penilaian dari beberapa ahli dan Respon Peserta Didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, ADDIE, BRSD