Nim | : | 407200024 |
Nama | : | FERDIAN WAHYU PERDANA |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Eka Rosdianwinata, M.Pd. |
Tanggal | : | 24 November 2024 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Materi Bilangan Bulat. Siswa VII (Tujuh) SMPN 1 Malingping. Metode pada penelitian ini dengan menggunakan kuantitatif dengan rancangan eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design (Sugiyono, 2011:116). Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas Eksperimen yang dipilih peneliti yaitu siswa SMPN Negeri 1 Malingping kelas VII A dengan jumlah siswa 25 Siswa , dan sebagai kelas kontrol yaitu VII B dengan jumlah siswa 25 Siswa pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan Bulat. Berdasarkan hasil penelitian H0 di tolak dan Ha diterima yaitu rata-rata hasil belajar siswa tentang Kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen yaitu Kelas VII-A dengan perlakuan Pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada kelas kontrol yaitu Kelas VII-B yang diberi perlakuan dengan metode Pembelajaran Konvensional. Maka penulis menarik kesimpulan “Terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan media Pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Malingping Tahun Ajaran 2023/2023”
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Discovery Learning, Berfikir Kritis Siswa, Matematika Bilangan Bulat